Sahabat… sahabat…


Sahabat adalah sebuah kata yang penuh dengan makna. Sahabat merupakan orang – orang yang penting setelah keluarga. Sahabat selalu ada ketika kita membutuhkan. Mungkin tak semua orang memahami arti sahabat, hanya orang yang mempunyai sahabat saja yang tahu arti akan sahabat. Sahabat akan selalu ada, dan tak akan pernah pergi. Mungkin secara fisik sahabat kita pergi, namun sesungguhnya sahabat akan selalu ada ketika kita merindukannya. Saat seorang memiliki sahabat maka itulah persahabatan. Jalinan antara beberapa orang tanpa imbalan, sahabat ada karena mereka percaya satu dengan yang lain untuk selalu memberikan motivasi dan dorongan ketika kita jatuh.

Sahabat berbeda dengan jalinan kerjasama yang hanya mempunyai tujuan tertentu setelah tujuan tercapai maka tak ada lagi jalinan itu bukanlah sahabat. Sahabat merupakan kata yang sulit diartikan selain kata cinta, sahabat memiliki makna lebih banyak dibandingkan dengan cinta. Karena perasaan cinta itu masuk dalam kaitannya dengan perasaan antar sahabat. Persahabatan tumbuh karena adanya saling percaya, saling memahami, saling mengingatkan satu dengan yang lain. Perasaan antar sahabat meliputi perasaan kasih sayang, perasaan keluarga, perasaan saling memiliki dan perasaan saling tolong menolong. Dalam sebuah film anime dari jepang yang cukup menarik tentang persahabatan yakni, One Piece. Dimana antar sahabat satu dengan yang lain saling percaya dengan kemampuan sahabat yang lain. Karakter yang unik yang berbeda – beda membuat warna dari persahabatan itu bagaikan pelangi nan indah.

Sahabat yang ada ketika sahabat yang lain membutuhkan, mengorbankan seluruhnya untuk sahabat yang sedang sedih ataupun sedang dalam keadaan buruk. Sahabat sejati datang ketika sedang membutuhkan, dan akan menolong kita dengan iklas tanpa mengharapkan sebuah imbalan.

Persahabat itu indah, bahkan “sindentosca” menyebutkan bahwa persahabatan bagaikan kepompong yang akan berkembang menjadi kupu – kupu. Dalam keadaan sulit jika ada sahabat semua akan terasa menyenangkan. Wahai kawan carilah sahabatmu, sebanyak kau mampu. Karena seorang musuh terlalu banyak dibandingkan seribu sahabat.

Sahabat adalah keluarga

Tepat yang paling menyenangkan adalah dimana ada sahabat yang menemani. Penuh canda tawa dan kebahagiaan. Kadang pun sahabat akan bersama kita merasakan kesedihan yang kita rasakan. Karena sahabat adalah keluarga, dalam keluarga tak ada yang akan pergi dan tak ada yang akan ditinggalkan. Keluarga tak ada rahasia, semua saling berbagi, senyum, canda, tawa, sedih, tangis dan air mata yang mengalir dirasakan bersama. Walaupun kadang kita memilki beda pandangan, tapi itulah indahnya persahabatan.

Persahabatan yang sehat akan memberikan pengaruh baik terhadap diri kita. Saat kita melakukan suatu tindakan yang tak baik, aka nada teman yang mengingatkan. Sehingga bisa dikatakan sahabat adalah orang yang disamping kita, yang akan selalu mnegingatkan kita.

Sahabat adalah sebuah team

Sahabat adalah team yang solid, yang tak akan pernah bisa ter pecah. Solidaritas persahabatan memberikan energy yang lebih. Pernah kita merasa takut saat sendiri. Namun ketika ada sahabat, maka perasaan takut itu hilang. Dan bahkan menciptkan keberanian untuk menhadapi masalah yang kita hadapi.

Persahabatan akan membentuk jati diri, dari jati diri ini maka orang akan memiliki sebuah prinsip hidup atau bisa dikatakan ideology hidup yang akan dipegang. Pengaruh dari sahabat dalam perkembangan seseorang merupakan pengaruh yang sangat dominan. Berhati hatilah dalam memilih sahabat, karena jika salah pilih akan mempengaruhi cara berfikir dan cara pandang dalam menyelesaikan masalah. Pilihlah orang yang baik, baik menurut perbuatannya, perilakunya dan sikapnya, selain itu carilah sahabat yang membuat engkau menambah mendekatkan diri dengan DIA.

Tumbuhkanlah persabatan dimana pun engkau berada.

Sahabat terimakasih engkau telah mendampingiku selama ini…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: