Belajar Adab


akhlaq

Adab, mungkin sudah banyak yang tahu mengenai arti dan maksudnya. Di minggu ini saya ingin membahas mengenai pengetian adab dan arti adab. Mungkin sudah banyak yang tahu mengenai adab, dan sudah banyak juga yang menuliskan penjelasan yang lebih baik dari ini bahkan jika saya ketik di google akan ditemukan ribuan blog dan ribuan situs yang sudah menulisnya.

Pengertian

Adab merupakan salah satu istilah dalam bahasa arab yang memiliki arti adat kebiasaan. Kata adab dapat menunjukkan pada suatu kebiasaan, etika, pola tingkah laku yang dianggap sebagai contoh. Dari sejarahnya selama kira-kira dua abad pertama setelah kemunculan Islam, istilah adab membawa implikasi makna etika dan sosial. Kata dasar Ad mempunyai arti sesuatu yang mentakjubkan, atau persiapan atau pesta. Adab dalam pengertian ini sama dengan kata latin urbanitas, kesopanan, keramahan, kehalusan budi pekerti masyarakat kota.

Dengan kata lain adab sesuatu berarti sikap yang baik dari sesuatu tersebut. Misalnya Adab Islam maka berarti adab yang baik yang ditetapkan oleh Islam berdasarkan pada ajaran-ajarannya.

Sumber Adab

Adab kebiasaan sangat ditentukan oleh kondisi lingkungan dan juga kondisi pendidikan masyarakat yang menempati lingkungan tersebut. Menurut W.G. Summer, dari berbagai kebutuhan yang timbul secara berulang-ulang pada satu waktu tertentu tumbuh kebiasaan-kebiasaan individual dan adat kebiasaan kelompok. Tetapi kebiasaan-kebiasaan yang muncul ini adalah konsekuensi-konsekuensi yang timbul secara tidak disadari, dan tidak diperkirakan lebih dulu atau tidak direncanakan.

Dalam dunia Islam adab hanya memiliki satu sumber yakni mengikuti Rasulullah saw, dimana kebiasaan-kebiasaan itu bersumber pada dua dasar yakni Al-Qur’an dan Sunnah. Meliputi juga perbuatan-perbuatan dan perkataan Rasulullah serta perintah-perintahnya yang tidak langsung. Oleh karena itu, akhlaq seorang muslim itu jelas berdasarkan pada wahyu Allah SWT. <InsyaALLAH>

sumber : berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: